PMI Gelar Sosialisasi SOP Komunikasi Saat Bencana

Tujuan sosialisasi mempersiapkan kapasitas Humas PMI, untuk menyampaikan komunikasi saat masa kesiapsiagaan.
Jumat, 20 Des 2019 13:42 WIB Author - Rina Suci

BOGOR - Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar sosialisasi standar operasional prosedur (SOP) komunikasi, dalam masa tanggap darurat bencana atau krisis kesehatan.

Tujuan sosialisasi mempersiapkan kapasitas Humas PMI untuk menyampaikan komunikasi saat masa kesiapsiagaan dan masa tanggap darurat bencana, kata Kabag Hubungan Media Biro Humas PMI Pusat, Anggun Permana Sidiq di Bogor, Jumat (20/12).

Menurutnya, sosialisasi SOP tersebut bertujuan untuk mengetahui tugas-tugas jajaran humas, mulai dari tingkat kota/kabupaten, provinsi hingga pusat baik, saat satu jam pertama bencana terjadi, 24 jam pertama, 48 jam pertama, minggu pertama dan kedua.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mempermudah tugas humas dalam memberikan dan membagikan informasi, baik untuk media massa maupun media sosial. Terkait kegiatan yang dilakukan personel PMI, pada masa tanggap darurat bencana.

Ia menjelaskan, setiap personel humas pun mulai dari satu jam pertama harus sudah bisa menyediakan foto, video, siaran pers, dan lain sebagainya. Tujuannya untuk kebutuhan internal maupun media massa, sekaligus untuk menjembatani wartawan dengan juru bicara dari PMI, perihal pemberitaan.

Baca juga :