Percepat Layanan Kependudukan, Pemkot Banjar Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri

Percepat Layanan Kependudukan, Pemkot Banjar Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri Foto: Diskominfo Kota Banjar

Kota Banjar – Pemerintah Kota Banjar meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk mempercepat layanan dokumen kependudukan. ADM tersebut merupakan terobosan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdikcapil) agar masyarakat dapat mencetak dokumen kependudukan secara mandiri.

Dilansir dari unggahan akun Instagram Diskominfo Kota Banjar (@diskominfo_kotabanjar_jabar), peluncuran ADM juga dalam rangka mengurangi kerumunan antrian layanan kependudukan di masa pandemi Covid-19. Dengan menggunakan ADM, waktu untuk mencetak dokumen kependudukan lebih singkat karena semua syarat diunggah melalui internet.

“Ini merupakan terobosan yang memudahkan pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi. Dengan mesin ini, masyarakat bisa mencetak data kependudukan secara mandiri,” jelas Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih, saat meluncurkan ADM di Kantor Kecamatan Langensari, Kamis (26/8).

Adapun dokumen kependudukan yang dapat dicetak melalui mesin ADM tersebut yakni Kartu Keluarga (KK), KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), Kutipan Akta Lahir, dan Kutipan Akta Kematian.

Menurut Ade, pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil semakin maju seiring dengan perkembangan era digital. Saat ini, hampir tidak ada lagi dokumen kependudukan yang ditandatangani manual, melainkan menggunakan tanda tangan elektronik berupa Kode QR atau QR Code.

“Disdukcapil telah melakukan digitalisasi pelayanan dengan semangat Dukcapil Go Digital,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ade juga menginstruksikan Disdukcapil secara bertahap melakukan digitalisasi pelayanan Adminduk dari mulai desa/kelurahan. Ia meminta Disdukcapil terus menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan kecamatan dan desa sehingga dapat memberikan pelayanan untuk masyarakat yang memuaskan.