Sekda Jabar: E-Budgeting Dapat Tingkatkan Pelayanan
BANDUNG - Seiring penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) bakal mengisinya dengan meningkatkan pelayanan. Tidak terkecuali perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.
"Untuk pemohon izin cukup di rumah atau di kantor ajukan izin. Sedangkan hasilnya dikirim pos ke alamat. Ini untuk kecepatan dan kurangi interaksi pemohon izin dan petugas pemberi izin," kata Iwa di Bandung, Jumat (8/2).
Jika SPBE diterapkan, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jabar Iwa Karniwa berharap seluruh kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) akan berujung pada penyerapan anggaran yang lebih tinggi. Dampaknya bakal mempengaruhi stimulus ekonomi.
"Elektronik ini mendukung proses peningkatan informasi karena info jauh lebih cepat sehingga saat ada masalah bisa lakukan koreksi," ujarnya.
Sementara, Kepala Bidang e-Government Diskominfo Jawa Barat Ika Mardiah mengatakan, saat ini ada Perpres 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yang harus disosialisasikan. "Jadi ini kan baru, dalam arti baru ditetapkan Oktober tahun lalu, jadi belum banyak aparatur pemerintah yang tahu," kata Ika.
"Perpres ini keluar karena selama ini di Indonesia dinilai bahwa pembangunan atau anggaran untuk teknologi informasi komunikasi itu boros kan," ujarnya. (Ant)