Bupati Kukar Hadiri Ekspos Mall Pelayanan Publik
Kutai Kartanegara, Jurnal Jabar – Bupati Kukar, Edi Damansyah, menghadiri ekspos Mall Pelayanan Publik (MPP). Edi mengatakan, MPP merupakan inovasi untuk mendobrak rutinitas dan berorientasi pada pelayanan publik yang berkualitas.
“Kemudahan berusaha ini yang merupakan salah satu tujuan dari reformasi pelayanan perizinan, yang menjadi salah satu fokus perbaikan pelayanan publik,” kata Edi, Selasa (16/11), dilansir dari laman kukarpaper.com.
Edi menjelaskan, MPP menjadi solusi terhadap anggapan bahwa pelayanan pemerintah lama, berbelit-belit dan tidak transparan. Menurutnya, MPP MPP menjadi solusi terhadap anggapan bahwa pelayanan pemerintah lama, berbelit-belit dan tidak transparan.
Bupati menambahkan, dengan bergabungnya berbagai unit pelayanan yang berkaitan dengan pelayanan perizinan, seperti Dinas Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Badan Pertanahan Nasional, BPJS Ketenagakerjaan, PT. PLN, dan organisasi perangkat daerah (OPD) teknis terkait lainnya, diharapkan proses penerbitan izin usaha akan semakin mudah.
“Kunci dari efektivitas kehadiran MPP adalah integrasi sistem pelayanan yang memanfaatkan kemajuan, perkembangan teknologi informasi. Digitalisasi pelayanan memungkinkan pelayanan menjadi lebih cepat, mudah, dan terjangkau,” jelasnya.
Lebih lanjut, Edi berharap hadirnya MPP mampu membentuk aparatur sipil negara (ASN) modern yang memiliki pola pikir untuk berkinerja tinggi, dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Sehingga berdampak pada tumbuhnya industri mikro dan kecil, memperkuat daya saing global, dan tumbuhnya minat investor sehingga perekonomian serta kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.
Untuk diketahui, penyelenggaraan MPP Kabupaten Kukar pada tahap merenovasi kantor DPMPTSP di komplek Kantor Bupati Kutai Kukar Jl. Wolter Monginsidi Gedung D lantai dasar dengan luas bangunan sekitar 590 M², dengan pembagian ruangan diantaranya Lantai Dasar dan DPMPTSP.
Selain itu terdapat ruangan Bapenda, Kantor Urusan Agama, Samsat, Pajak Pratama Tenggarong, Disdukcapil, Disnakertrans, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pendidikan, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, PT. Taspen, PT. PLN, SKCK (Polres Kukar), dan Perusda PDAM Tirta Mahakam.
Kemudian, lantai II yang dilengkapi, Ruang Tunggu VVIP dengan luas ruang 90 M², ruang teleconference dengan luas ruang 90M², ruang peta dengan luas ruang 26 M², ruang server dengan luas ruang 8.8 M², Ruang Rapat dengan luas ruang 25.5 M², Ruang Kadis dengan luas ruang 49 M², musala dan toilet umum.
Selanjutnya terdapat ruang staff, ruang portir, imigrasi, bankaltimtara, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Balai POM, Kejaksaan, Pengadilan, ruang laktasi, play room, tennant pernikahan, ruang tunggu, toilet eksisting, entrance garden, ruang LKPM dan pengaduan, costumer servive dan informasi, serta pengambilan tiket.